Menjadi Besar Dengan Niat yang Benar

19.41 Edit This 0 Comments »
" Berapa banyak amal yang remeh menjadi besar gara-gara niat, dan berapa banyak amal yang besar menjadi remeh gara-gara niat."( Abdullah bin Mubarak)
Niat menjadi banyak fungsi dan arti yang berdampak pada bernilai tidaknya suatu amal.
1. Menyempurnakan
Tanpa niat yang jelas sebuah amal tidak sempurna tidak bernilai di sisi Allah. Sebagian ulama menegaskan "innamal a'malu bin niyat" maksudnya sebagai Innamaa kamaalul a'maal" sesungguhnya sempurnanya amal adalah dengan niat. Inilah yang menjadi dasar setiap amal, tak ada ibadah tanpa niat.
2. Mengubah
Niat yang buruk bisa mengubah suatu amal yang baik menjadi buruk. Misalnya shadaqoh, infaq sebuah amal baik, tapi bila dilakukan untuk pamrih tertentu nseperti jabatan, kedudukan , popularitas maka ia menjadi gugur amalnya.
3. Menguatkan
Dengan niat amal menjadi kuat, komitmen menjadi kokoh, motivasi menjadi dahsyat , badan yang lemas menjadi kuat. Itulah ruhun niyah, ruhnya niat sebagaimana firman Allah:"Jika kamu telah bulat tekadmu, maka bertawakallah pada Allah".(Ali Imron : 159)
4. Membesarkan
Ini Unik. Niat membuat sesuatu yang sederhana menjadi besar. Ini menjadi ruh dasyat yang menggerakan orang mukmin untuk sesuatu meniatkan segala sesuatu karena Allah.

0 komentar: